cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Teaching and Learning Physics
ISSN : 25285505     EISSN : 25803107     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics is a peer-reviewed journal on Physics Education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Departement of Physics Education Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. The editors welcome scholars, researchers and practitioners of education around the world to submit scholarly articles to be published in this journal. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics published periodically every February and August (twice a year).
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Agustus 2021)" : 8 Documents clear
PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL PHET SIMULATION SEBAGAI SOLUSI PRAKTIKUM WAKTU PARUH Rahel Rehuella Marpaung; Nabeela Rahma Noor Aziz; Mia Dewi Purwanti; Putri Nabila Sasti; Dandan Luhur Saraswati
Journal of Teaching and Learning Physics Vol 6, No 2 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Agustus 2021)
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jotalp.v6i2.12213

Abstract

Covid-19 has affected the education sector in Indonesia. The purpose of this study was to determine the decay rate of Carbon-14 and Uranium-238 isotopes in the first half, second and third half, and to determine the level of accuracy of the experiment using PhET Simulation. The method used in this research is the experimental method. The results showed the percentage of decay rate of Carbon-14 in the first half was 49%, the second half-life was 75.4%, and the third half-life was 84.5%. While the percentage of Uranium-238's decay rate in the first half is 49.6%, the second half-life is 74%, and the third half-life is 85.9%. The accuracy level for the Carbon-14 isotope using PhET Simulation was 98.35%, while the accuracy level for Uranium-238 isotope using PhET Simulation was 99.95%. Therefore, PhET Simulation can be used as a solution for part-time practicum during the Covid-19 period.
PENINGKATAN TPACK GURU FISIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE APPS Ayu Amelia; Erfin Nurfalah; Diah Mulhayatiah
Journal of Teaching and Learning Physics Vol 6, No 2 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Agustus 2021)
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jotalp.v6i2.10298

Abstract

Pada abad-21 seorang guru harus mempunyai keterampilan mengajar khususnya pada teknologi dan informasi. Guru harus mengatur strategi, teknologi, dan media yang akan digunakan untuk menyampaikan informasi dan memandu proses belajar pada peserta didik. Kemampuan TPACK penting dimiliki oleh seorang guru untuk memadukan teknologi dengan pedagogik dan pengetahuannya tentang konten Fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan TPACK seorang guru menggunakan media pembelajaran berbasis google apps. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dengan menganalisis enam artikel yang paling relevan. Hasil dari kajian Pustaka tersebut menjelaskan bahwa kemampuan TPACK ini perlu dimiliki oleh seorang guru dalam pembelajaran karena didalamnya sudah terpadu antara pedagogik, pengetahuan, dan teknologinya. Namun pada kenyataannya seorang guru masih belum  memiliki kemampuan tersebut. Penggunaan Google Apps dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan TPACK guru karena penggunaan google apps dalam  pembelajaran lebih efektif dan hasilnya pun lebih baik daripada pembelajaran yang tidak menggunakan media google apps.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH MATERI SUHU DAN KALOR Pur yanti Soprihatin; Arghob Khofya Haqiqi
Journal of Teaching and Learning Physics Vol 6, No 2 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Agustus 2021)
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jotalp.v6i2.12438

Abstract

Materi IPA khususnya sifat materi fisika yang kuantitatif, yaitu menggunakan konsep-konsep serta hubungan antara beberapa konsep yang memiliki banyak perhitungan matematis sehingga siswa sering merasa bosan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan  bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran simulasi interaktif berbasis adobe flash materi suhu dan kalor dan menganalisis bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran simulasi interaktif berbasis adobe flash materi suhu dan kalor. Penelitian  (Research and Development) dengan menggunakan metode 4D (Define, Design, Development, Dissemination).  Pengembangan media dimulai dengan pembuatan draft awal dalam bentuk story board yang kemudian disusun menggunakan fitur dalam adobe flash. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil angket dari ahli media, ahli materi, dan responden uji coba kelas kecil dan kelas besar diolah untuk menentukan tingkat kelayakan dari media pembelajaran. Adapun hasil penelitian dari ahli media mendapatkan rerata skor sebesar 3,625 ahli materi mendapatkan rerata skor rata- rata 3,53 dan 3,67 dari uji coba kelas kecil dan kelas besar mendapatkan rerata skor sebesar 3,59 dan 3, 62 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran simulasi interaktif suhu dan kalor mampu membuat peserta didik mudah mudah menyerap isi materi suhu dan kalor dengan mensimulasikan suatu praktikum kedalam media pembelajaran.
DESAIN LKPD BERBASIS MASALAH UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN ABAD 21 Nabillah Agmita; Iyon Suyana; Selly Feranie
Journal of Teaching and Learning Physics Vol 6, No 2 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Agustus 2021)
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jotalp.v6i2.10984

Abstract

Pada abad ke-21 masyarakat dituntut untuk dapat mengimbangi kemajuan teknologi informasi, oleh karena itu keterampilan abad ke-21 sangat perlu dilatihkan salah satunya melalui pembelajaran di sekolah. Keterampilan abad ke-21 yang diprioritaskan dalam pembelajaran dikenal dengan 4C (critical thinking, creativity, communication, dan collaboration). Keterampilan abad ke-21 atau 4C dapat dilatihkan melalui berbagai metode, model, dan pendekatan pembelajaran, salah satunya dengan pembelajaran berbasis masalah. Namun, berdasarkan studi pendahuluan ditemukan bahwa guru masih belum melakukan pembelajaran untuk melatihkan keterampilan abad ke-21 dikarenakan keterbatasan waktu dalam menyiapkan perangkat pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh draf perangkat pembelajaran berupa LKPD berbasis masalah pada materi listrik searah. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Partisipan dari penelitian ini yaitu 5 orang dosen pendidikan fisika, 2 orang guru, dan 10 orang siswa kelas XII di salah satu SMA di Kota Bandung. Instrumen dari penelitian ini yaitu lembar validasi dan lembar observasi respon peserta didik dan guru. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh draf akhir LKPD berbasis masalah yang telah divalidasi dan diujicobakan secara terbatas.
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI MODEL QUIZ TEAM DAN LEARNING CELL masrifah masrifah
Journal of Teaching and Learning Physics Vol 6, No 2 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Agustus 2021)
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jotalp.v6i2.12588

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui praktek pembelajaran Fisika melalui model pembelajaran Quiz team dan Learning Cell yang ditinjau dari hasil belajar mahasiswa pada konsep optik geometrik. Penelitian ini berupa penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 84 mahasiswa prodi fisika FKIP Universitas Khairun yang mengikuti mata kuliah Fisika Dasar II. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dengan instrumen berupa soal essay pada konsep optik geometrik. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain, uji-t dan efek size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa fisika pada pembelajaran quis team sebesar 21,7 maupun learning cell sebesar 30,5 dengan kategori sedang. Temuan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kontrol memiliki dampak yang tinggi terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal itu terlihat dari hasil analisis uji effect size sebesar 1,96. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran (quiz team dan learning cell) berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa pada konsep optik geometrik.
Cover, Introduction, Table of Contents Journal Manager
Journal of Teaching and Learning Physics Vol 6, No 2 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Agustus 2021)
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jotalp.v6i2.13985

Abstract

EKSPERIMEN DAN RESPON MAHASISWA TERHADAP PRAKTIKUM FISIKA NON-LABORATORIUM MENGGUNAKAN APLIKASI TRACKER VIDEO ANALYSIS UNTUK PERCOBAAN KINEMATIKA GERAK Iqbal Ainur Rizki; Nina Fajriyah Citra; Hanandita Veda Saphira; Woro Setyarsih; Nugrahani Primary Putri
Journal of Teaching and Learning Physics Vol 6, No 2 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Agustus 2021)
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jotalp.v6i2.12640

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan eksperimen kinematika gerak dilakukan secara non-laboratorium di rumah dengan menggunakan alat dan bahan yang murah dan mudah ditemui serta berbantuan aplikasi Tracker Video Analysis (TVA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan respon mahasiswa pada kegiatan eksperimen non-laboratorium pada materi kinematika gerak menggunakan aplikasi TVA. Percobaan dilakukan secara eksperimental dengan pendekatan kuantitatif untuk mendapatkan hubungan antarvariabel pada gerak translasi, rotasi, dan vibrasi. Selain itu juga digunakan metode survey untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap kegiatan eksperimen ini. Hasil percobaan menunjukkan bahwa sebanyak 5 dari 6 hubungan antarvariabel maupun konstanta teoritis dapat dibuktikan melalui kegiatan eksperimen ini. Respon mahasiswa terhadap kegiatan ini adalah memuaskan dengan nilai rata-rata 8,16. Jadi dapat disimpulkan bahwa, kegiatan percobaan non-laboratorium pada materi kinematika gerak menggunakan aplikasi TVA efektif untuk membuktikan dasar teori, hubungan antarvariabel dan beberapa konstanta teoritis, serta mendapatkan respon memuaskan dari mahasiswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEVEL OF INQUIRY DENGAN VIRTUAL LAB TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS Selviana Nosela; Parsaoran Siahaan; Iyon Suryana
Journal of Teaching and Learning Physics Vol 6, No 2 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Agustus 2021)
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jotalp.v6i2.11018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan Level of Inquiry dengan virtual lab terhadap Keterampilan Proses Sains peserta didik kelas XI di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan desain one group pre-post test design. Sampel penelitian ini terdiri dari 1 kelas dengan jumlah  siswa 32 orang. Instrument penelitian berupa 15 soal pilihan ganda, soal LKPD dengan kategori peningkatan merujuk rubrik yang dikembangkan oleh lati W, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran Level of Inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan Proses Sains meningkat dengan nilai rata-rata pre-test 51,04, nilai rata-rata post test 83,13 dan nilai N-Gain 0,65 berkategori sedang. Selain itu nilai rata-rata Keterampilan Proses Sains siswa pada 3 pertemuan dengan menggunakan LKPD pertemuan I yaitu 81,42, pertemuan II yaitu 85,94 dan pertemuan III yaitu 83,71. Simpulan dari penelitian ini, Level of Inquiry dengan virtual lab memberikan dampak terhadap Keterampilan Proses Sains peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8